Selasa, 07 September 2010

PENDIDIKAN CALON ANGGOTA

Pada umumnya proses penerimaan anggota baru sebuah koperasi dilakukan dengan cara mengisi formulir permohonan menjadi anggota, dibahas dalam rapat Pengurus dan jika Pengurus memandang calon yang bersangkutan layak maka diterima menjadi anggota.
Proses yang sama ini dilakukan oleh Kopdit Ankara hingga tahun 1993. Calon yang dinyatakan diterima selanjutnya membayar Uang pangkal Rp. 500,- Simpanan Pokok Rp. 20.000,-, menandatangani buku daftar anggota dan menerima buku Anggota.
Sejak tahun 1994 pola ini di robah. Dengan merujuk pada Moto Koperasi Kredit yang berbunyi "Koperasi Kredit dimulai dengan PENDIDIKAN, berkembang melalui PENDIDIKAN, dikontrol melalui PENDIDIKAN dan bergantung pada PENDIDIKAN" Kopdit Ankara melaksanakan penerimaan anggota baru melalui Pendidikan Calon Anggota. Dengan penekanan pada PENDIDIKAN, Pendidikan dirasa sangat penting dalam pengelolaan sebuah Koperasi.
Setiap tahun Kopdit Ankara melaksanakan Pendidikan Calon Anggota dua kali. Untuk pertama kali dilaksanakan pada tanggal 26-27 Februari 1994.Para peserta diberi surat keterangan telah mengikuti Pendidikan calon Anggota. Dengan surat keterangan tersebut mereka boleh mendaftar menjadi Anggota Kopdit Ankara. (KTL)

1 komentar:

  1. Dengan melalui pendidikan, para calon anggota yang bergabung tentu lebih sadar akan kewajiban dan haknya di dalam kopdit.

    BalasHapus